Overblog Follow this blog
Edit post Administration Create my blog
bibspajalhay

bibspajalhay

bibspajalhay

Rekomendasi Jasa Sewa Mobil Solo ke Museum Purba Sangiran

Rekomendasi Jasa Sewa Mobil Solo ke Museum Purba Sangiran

IxoTransport sebagai penyedia jasa sewa mobil Solo kembali menawarkan paket wisata ke museum bersejarah. Kali ini, kami akan mengupas tentang museum arkeologi yang sudah diakui dunia, Museum Purbakala Sangiran. UNESCO mengukuhkan Museum Purbakala Sangiran sebagai situs warisan dunia No. 593 pada tanggal 5 Desember 1996. Pengukuhan itu bertepatan dengan ulang tahun UNESCO yang ke-20 yang diselenggarakan di Merida, Meksiko.

Situs Sangiran secara administratif meliputi empat kecamatan; Kecamatan Gondangrejo (Kabupaten Karanganyar), dan Kecamatan Kalijambe, Plupuh, serta Gemolong (Kabupaten Sragen). Luas secara keseluruhan adalah sekitar 56 kilometer persegi.

Atraksi utama Museum Purbakala Sangiran adalah arena penelitian kehidupan prasejarah. Arena ini disebut sebagai yang terlengkap dan terpenting di kawasan Asia. Anda bisa mengunjungi Sangiran dengan memesan jasa sewa mobil Solo IxoTransport.

Eugene Dubois menemukan situs Sangiran pertama kali pada tahun 1893. Dia sengaja mendatangi tempat itu untuk meneliti keadaan arkeologis di wilayah tersebut. Tahun 1932, daerah Sangiran dipetakan secara geografis oleh L.J.C. van Es.

Kemudian, pada taun 1934, G.H.R. von Koenigswald menemukan artefak bersejarah. Von Koenigswald masih melanjutkan penelitian dan menemukan fosil-fosil hominid sejak tahun 1936 hingga tahun 1941.Peneliti ini juga menemukan fosil Homo erectus. Direktorat Jenderal Kebudayaan, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan membawahi museum ini sejak tahun 2007.

Museum Sangiran mempunyai enam ruang yaitu ruang pameran, ruang perpustakaan, ruang audio visual, aula, laboratorium, dan gudang penyimpanan. Ke depannya, museum berbentuk Joglo itu akan terus ditambah fasilitas pendukungnya. Pengelola situs Sangiran ingin memantapkan status Sangiran sebagai situs warisan dunia. Bila perlu, bangunan bisa dibenahi dan ditambah.

Museum Sangiran menyimpan koleksi-koleksi fosil manusia. Temuan fosil manusia merupakan jenis koleksi pertama Sangiran. Anda dapat melihat replika fosilHomo neanderthal Eropa dan Asia,Homo sapiens, Homo soloensis, Pithecanthropus mojokertensis, dan Australopithecus africanus.

Museum Sangiran juga menyimpan fosil binatang darat maupun laut. Ada fosil kerbau purba, harimau purba, gajah purba, domba, babi, badak, sapi, rusa, dan banteng. Sedangkan fosil binatang air tawar dan laut meliputi kuda nil, kepiting, ikan, buaya, kura-kura, foraminifera, moluska kelas Gastropoda dan Palecypoda, serta gigi ikan hiu.

Selain fosil, Anda bisa melihat kondisi tanah jaman prasejarah dan artefak batu (misalnya batu meteor, diatom, kalsedon, dan rijang). Fasilitas pendukung tempat wisata ini adalah area parkir, mushola, toilet, dan kios suvenir. Kerajian tangan batu bertuah adalah salah satu kerajinan warga setempat yang unik. Bahan baku batu bertuah diambil dari sungai yang mengelilingi kubah Sangiran yakni Kali Cemoro.

Anda dapat menghubungi jasa sewa mobil Solo untuk memesan paket perjalanan wisata ke Museum Sangiran.

Share this post

Repost 0

Comment on this post